30 Mar 2015

Mitos Dan Fakta Seputar Air

water
Benar jika kita mengatakn air adalah kehidupan. Tanpa air makhluk hidup tidak akan bisa bertahan di bumi ini. Tubuh kita membutuhkan air untuk bertahan hidup dan menjalani hidup dengan cara yang sehat. Tubuh kita membutuhkan air untuk mengatur suhu tubuh dan menjaga fungsi tubuh penting lainnya.
 
Air memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kehidupan kita. Kali ini, saya akan membahas dengan Anda tentang beberapa fakta dan mitos tentang air minum dan berapa banyak seharusnya air yang di minum dalam sehari.

Tubuh kita kehilangan air melalui keringat dan buang air kecil, sehingga penting untuk kita mengganti air yang hilang dalam tubuh itu dengan minum cairan dan makan buah-buahan serta sayuran yang banyak mengandung air.

Berapa banyak sebenarnya air yang di butuhkan oleh tubuh kita setiap harinya, hal itu masih menjadi pertanyaan kita semua. Dan kita semua hidup di dalam kesalahpahaman bahwa kita hanya perlu delapan sampai sembilan gelas air dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita secara sehat.

Berapa banyak air minum dalam sehari? Kali ini, saya akan berbagi dengan Anda beberapa fakta dan mitos tentang air minum.

Mitos: Minum Delapan Gelas Air Sehari
Seperti yang sering kita dengar dari semua bahwa untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita di perlukan minum delapan gelas air per hari. Namun penelitian baru menunjukkan bahwa Anda tidak perlu mengisi diri dengan air saja. Anda dapat memiliki cairan lainnya dengan minuman, buah-buahan, teh yang mengandung kadar air dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh Anda.

Fakta: Minum Cukup Air Membuang Racun Dari Tubuh Anda
Jika kita tidak minum cukup air dalam sehari, maka ginjal tidak mendapat bantuan untuk menghancurkan racun yang berasal dari makanan yang berasal dari berbagai jenis produk, racun-racun ini yang nantinya akan keluar bersama dengan urine kita.

Mitos: Minum Air Kemasan Botol Menyebabkan Kerusakan Gigi
Minum air kemasan botol tidak menyebabkan kerusakan gigi, hanya saja air botolan tidak mengandung fluoride yang penting untuk kesehatan gigi. Sedangkan Air keran atau air yang di masak mengandung flouride yang baik untuk mencegah kerusakan gigi. Ini tidak berarti minum air kemasan botol membuat kerusakan gigi.

Mitos: Air Minum Dapat membantu Kulit Tetap Lembab
Ini adalah kesalahpahaman besar dimana jika Anda meminum air yang cukup akan membantu mejaga kulit Anda tetap lembab dan muda. Jumlah air yang kita minum belum cukup banyak untuk mempengaruhi penampilan dan kelembaban kulit. Tingkat kelembaban kulit ditentukan oleh faktor-faktor eksternal seperti lingkungan, perawatan kulit dan kelenjar minyak tapi tidak dengan faktor internal.

Fakta: Air Minum Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
Apakah fungsi air dalam penurunan berat badan? Air tidak membantu secara langsung dalam penurunan berat badan Anda. Tetapi setelah kita minum banyak air makan perut kita akan terasa kenyang adn penuh, sehingga hal itu membuat Anda tidak ingin makan atau ngemil lagi karena sudah terasa kenyang oleh air. Jadi air membantu dalam proses penurunan berat badan.

Mitos: Jika Anda Haus, Anda Sudah Mengalami Dehidrasi
Merasa haus bukanlah tanda dehidrasi. Itu hanya ketika konsentrasi darah meningkat kurang dari dua persen, jadi kita merasa haus. Merasa haus sebenarnya pertahanan untuk melindungi kita dari dehidrasi.

Mitos: Urine Kuning Apakah Tanda Dehidrasi?
Urine kuning tidak selalu merupakan tanda dehidrasi. Ginjal kita menyeimbangkan tingkat air dalam tubuh. Jika urine berwarna kuning gelap dan terkonsentrasi maka mungkin menunjukkan bahwa asupan air kurang. Beberapa obat juga mengubah warna urine. Dalam dehidrasi volume urine juga jadi berkurang.
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...