Bahan Kimia Kolam Renang Lebih Berbahaya dari Air Seni


Sebuah penelitian baru menemukan bahwa air seni tidak lebih membahayakan dibanding bahan kimia yang terkandung dalam kolam renang. Bahan kimia ini memiliki potensi untuk diserap oleh perenang sehingga membahayakan kesehatannya.
Sementara penelitian terdahulu menunjukkan bahwa klorin yang bercampur dengan air seni dapat membentuk bahan kimia yang membahayakan, studi yang dilakukan oleh Purdue University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa klorin yang bercampur dengan produk perawatan tubuh bisa menciptakan efek yang sama, seperti yang dikutip dari liputan6.com
Menggunakan teknik yang dikembangkan oleh profesor Ching-Hua Huang, dari Georgia Institute of Technology, studi dilakukan dengan mengidentifikasi dan menghitung jumlah kandungan bahan kimia dan produk perawatan dari sampel air yang diambil dari berbagai kolam renang indoor di Amerika Serikat.
Para peneliti menemukan terdapat 32 bahan kimia yang terinvestiga dengan 3 bahan yang paling sering ditemukan adalah Deet (semacam pengusir serangga), Caffeine, dan tri(2-chloroethyl)-phosphate (TCEP).
“Para perenang terpapar bahan kimia dengan tiga cara, yaitu saat menarik napas, menyelam, atau melalui kulit mereka,” Kata Ernest Blatchley, profesor dari Divisi Lingkungan dan Teknik Ekologi.

Related : Bahan Kimia Kolam Renang Lebih Berbahaya dari Air Seni