Bicara Sendiri Bikin Daya Ingat Kamu Lebih Bagus .


Pernah nggak sih kamu lupa apa yang mau dibeli saat pergi ke warung? Kejadian kayak gini memang sering kali terjadi kayak waktu diminta ibu untuk belanja sesuatu ke warung sayur. Sejak kejadian itu, kamu milih bawa catatan kalau disuruh beli makanan. Tapi, kalau nggak sempat mencatat, biasanya kamu bicara sendiri dan mengulang-ulang apa yang mau diingat.

Bicara sendiri, apalagi nggak ada teman memang kelihatan kayak orang gila buat sebagian orang. Soalnya nggak ada lawan ngomong tapi kamu tetap aja bicara sendiri. Walau dianggap gila, ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya, terutama buat kesehatan dan kemampuan otak.

Seperti dikutip dari Quarterly Journal of Experimental Psychology, orang yang suka bicara sendiri memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan orang yang nggak pernah melakukan. Soalnya, dengan ngomong sama diri sendiri berarti kamu melatih otak untuk terus ingat sesuatu. Latihan terus-menerus ini yang bikin daya ingat kamu semakin bagus.

Selain bikin ingatan lebih baik, ternyata bicara sendiri sama diri sendiri juga bikin otak semakin lebih fokus. Makanya, kamu nggak mudah terganggu sama hal lain. Kalau sudah tahu manfaat bicara sendiri ini bagus, nggak ada salahnya kamu coba untuk mengingat pelajaran. Apalagi kalau udah dekat-dekat musim ulang dan ujian.

Related : Bicara Sendiri Bikin Daya Ingat Kamu Lebih Bagus .