19 May 2017

Pertolongan Pertama Jika Terkena Serangan Jantung Saat Sendirian Di Rumah .


Serangan jantung atau yang biasa disebut infark miokard (MI) dalam bahasa medis, adalah keadaan darurat medis. Hal ini akibat adanya kematian dari bagian otot jantung, yang disebabkan oleh hilangnya suplai darah.

Menurut survei yang telah dilakukan, 80 persen dari kasus kematian yang disebabkan oleh serangan jantung, orang-orang sedang dalam keadaan sendirian. Dan saat terjadi serangan jantung, mereka tidak dapat membantu dirinya sendiri.

Bagaimana melihat jika Anda mengalami serangan jantung? Anda dikatakan mengalami serangan jantung, jika terasa nyeri di dada yang menyebar ke bagian lengan dan rahang.

Menurut dokter, Anda memiliki 15 detik untuk membantu diri sendiri sebelum Anda kehilangan kesadaran. Dan itu adalah saat penting, yang bisa menyelamatkan Anda atau kematian menjemput.

Dengan melakukan perawatan darurat sendiri, berarti Anda memiliki waktu untuk mendapatkan bantuan atau datang ke rumah sakit terdekat. Adapun jika Anda mengalami tanda-tanda dan gejala-gejala seperti ini, mungkin sedang mengalami serangan jantung:

1. Sakit tajam seperti ditusuk pisau yang tidak hilang hanya dengan istirahat.

2. Nyeri pada kedua lengan, leher, rahang atau perut.

3. Pusing, mual, dan kesulitan bernapas

Bila Anda memiliki semua ini, ikuti tips sederhana berikut ini yang dapat membuat perbedaan:

1. Beritahu orang terdekat. Segera hubungi nomor darurat dan jangan menutup telepon.

2. Meningkatkan oksigen Anda. Cobalah untuk membuka jendela dan bernapas.

3. Batuk. Coba untuk batuk setidaknya setiap 3 detik, untuk membantu tubuh menyingkirkan setiap penyumbatan yang ada.

4. Jangan mengkomsumsi minuman dan makanan.

Kuncinya adalah untuk menjaga Anda tetap tersadar selama mungkin, sampai bantuan medis datang. Serangan jantung memang tidak bisa disembuhkan secara langsung, karena membutuhkan keahlian dokter dan obat-obatan.
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...