28 Feb 2015

Inilah 6 orang yang sukses karena Youtube

Dunia maya salah satunya Youtube menjanjikan banyak peluang untuk mendapatkan pundi-pundi yang tidak terbatas. Hanya berbekal kreatifitas, konektifitas internet dan kuota yang mumpuni seseorang bisa meraup kekayaan sekaligus kepopuleran.

Berikut merupakan Enam orang yang telah membuktikan keberhasilannya lewat web berbagi video yang lazim disebut Youtube melalui kanal video yang mereka miliki.


1. Felix Kjellberg

Felix Kjellberg, pewdiepie
Felix Kjellberg, gambar: tuningpp.com
Untuk yang satu ini mungkin para maniak game sudah tidak asing dengan kanal “PewDiePie”. Kjellberg masih berusia 25 tahun saat ini namun pengaruhnya begitu luar biasa di kalangan para pecinta game. Dia hanya memberikan review dan komentar tentang game yang sedang ia mainkan. Tentu bukan review biasa yang ia suguhkan tapi juga ditambah reaksi-reaksi kocak yang terjadi saat ia merekam video tersebut. Dia juga pernah membuat review game buatan Indonesia juga loh yaitu “DreadOut”.

Kjellberg bergabung di Youtube tahun 2010. Memiliki 35 juta pelanggan setia kanalnya. Dan 8 milyar kali video hasil unggahannya ditonton para pemirsanya. “Sebenarnya keren memiliki pengaruh kaya gini, tapi ya serem juga” Kata Kjellberg pada Wall Street Journal.

Cek kanal video youtube nya di link ini: https://www.youtube.com/user/PewDiePie

2. Ian Hecox dan Anthony Padilla

Ian Hecox and Anthony Padilla
Ian Hecox dan Anthony Padilla, gambar: pinterest.com
Berbeda dengan para youtubers sebelumnya. Kali ini kita akan disuguhi duo penghibur Youtube, Hecox dan Padilla. Konsep yang mereka bawa di tiap videonya adalah parodi komedi. Mulai dari yang sedang trend hingga kebiasaan sehari-hari.

Mereka berdua menamakan kanalnya dengan “Smosh”. Dari smosh mereka mendapatkan penghasilan hingga 4 juta dollar per tahun, 20 juta pelanggan , dan 4 milyar penonton.
“Kami mengikuti jejak Mark Zuckerberg, cuma tanpa embel-embel Harvard” Jawab Hecox pada event gelaran re/code bertajuk “Jangan ambil cara tradisional untuk sukses”.

Cek kanal video youtube mereka di link berikut:  https://www.youtube.com/user/smosh


3. Jenna Mourey 

jenna mourey, jenna marbles
Jenna Mourey, gambar: entertainthis.usatoday.com
Di usianya yang baru 28 tahun Jenna Mourey lewat kanal youtubenya yang diberi nama “JennaMarbles” bisa mengumpulkan pendapatan 71 ribu hingga 1,1 juta dollar per tahunnya. Uang tersebut diperoleh dari bayaran iklan yang tertempel di setiap video yang dia unggah ke youtube.

Kebanyakan dari videonya hanya berisi tentang aktifitas keseharian yang dibumbui dengan humor dan komedi yang sedang in saat ini. Meskipun begitu kanal yang ia buat tahun 2010 itu mampu menyedot nyaris 15 juta pelanggan atau subscriber dan menyedot tak kurang dari 1,7 miliar pasang mata untuk melihat video hasil unggahannya.

“Yang kulakukan hanya bersenang-senang di rumah, kubuat videonya, dan menaruhnya di internet” ungkap Mourey pada New York Times.

Cek kanal video youtubenya dilink ini: https://www.youtube.com/user/JennaMarbles

4. Bethany Mota

bethany mota
Bethany Mota, gambar: pola2002.pinger.pl
Mengusung tema video tips kecantikan dan fashion bagi remaja seusianya. Ya Bethany Mota yang kini berusia 19 tahun ini mampu memperoleh pendapatan 56 ribu hingga 900 ribu dollar pertahun atau setara 11 milyar rupiah pertahunnya dari 8,3 juta pelanggan kanal “Macbarbie07” miliknya.
Gadis cantik yang juga pernah menjadi kontestan “Dancing With The Stars” ini juga mampu memikat 660 juta pasang mata untuk melihat videonya.

“Bagiku kini, ini adalah kanal lifestyle, tentang apa yang aku suka, dan tentang siapa aku sebenarnya” tegas Mota pada Los Angeles Times.

Cek kanal video youtubenya di link berikut: https://www.youtube.com/user/Macbarbie07

5. Ryan Higa

ryan higa, nigahiga
Ryan Higa, gambar: vebidoo.de
Kanal “nigahiga” yang dibuat tahun 2006 telah mengambil hati 13,8 juta pelanggan dan tidak kurang dari 2 milyar orang telah menonton video-videonya. Higa yang memiliki wajah Asia ini juga ternyata pemegang sabuk hitam Judo.

Video yang diunggahnya berkisah tentang parodi-parodi dan tips unik menggelitik yang mampu memberikan penghasilan hingga 1,5 juta dollar per tahunnya.
Awal ia mengenal youtube dari kesalahpahamannya, ia mengira youtube sebagai aplikasi file transfer semisal Dropbox.

Cek kanal video youtube nigahiga dilink ini: https://www.youtube.com/user/nigahiga

Bagaimana dengan pengguna youtube dari Indonesia? Bisa dibilang pengguna youtube banyak, akan tetapi yang memiliki kanal video kreatif apalagi populer hanya sedikit. Namun demikian dari sekian banyak kanal youtube, Raditya Dika tampaknya paling populer dari Indonesia.

6. Raditya Dika

Raditya Dika, gambar: muvila.com
Terakhir kita punya jagoan dari negeri sendiri. Siapa yang tak kenal Raditya Dika. Seorang blogger, stand up comedian, artis film, hingga bintang iklan. Tetapi ternyata penghasilan Dika tidak hanya berasal dari ketenarannya sebagai publik figur. Ia memiliki kanal youtube juga ternyata yang memiliki nama sama dengan namanya sendiri.

Dika berhasil membuat luluh 1,4 juta orang untuk berlanggan kanalnya dan hampir 53 juta kali videonya disaksikan orang. Sungguh pencapaian luar biasa dari anak negeri multi talenta ini.

Cek kanal video youtube nya di link berikut: https://www.youtube.com/user/radityadika/featured

Masih banyak lagi kanal youtube populer dan meraup dollar, namun terlalu banyak jika disebutkan satu persatu. So guys tertarik buat bikin kanal video kreatif di youtube? Coba saja siapa tahu dollar menghampiri, terlebih kalau videonya kreatif dan seru, pasti banyak penontonnya.
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...