Jarang Berhubungan Seksual? Ini Dampak Buruk Yang Bisa Terjadi !!!


Sejumlah studi menjelaskan, berhubungan seksual mampu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit. Bahkan, ada pula yang mengatakan bahwa bercinta merupakan obat pertama yang dikenal manusia! Lantas, apa yang bakal terjadi jika kita jarang berhubungan seksual secara rutin?

Simak beberapa poin berikut:

1. Lemah fisik

Sama halnya dengan berolahraga, berhubungan seks secara rutin juga ampuh menguatkan kondisi fisik seseorang. Jadi, jangan heran jika fisik Anda lemah hanya karena jarang bercinta. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk bercinta setidaknya tiga kali dalam seminggu selama 15 menit. Kenapa? Aktivitas tersebut akan membakar 7.500 kalori dalam setahun atau setara dengan jogging sejauh 75 mil.

2. Tak mampu mengatasi rasa nyeri

Jarang berhubungan seksual juga bikin Anda tak mampu mengatasi rasa nyeri yang terjadi saat sakit.  Menurut studi yang dilakukan Gina Ogden, hal itu sebenarnya bisa diatasi jika Anda rutin bercinta. “Saat melakukan hubungan seksual, seseorang akan memproduksi edorfin yang tak lain adalah hormon penghilang rasa sakit. Bahkan, manusia pun tak bisa merasakan sakit selama dirinya orgasme,” jelas Gina.

3. Terkena penyakit prostat

Risiko terkena penyakit prostat akan makin besar jika Anda tak rutin melakukan hubungan seksual. Perlu diketahui, sebagaian besar cairan yang diproduksi saat ejakulasi disekresikan oleh kelenjar prostat. Jika Anda berhenti ejakulasi, cairan itu akan tetap berada dalam kelenjar tersebut yang pada akhirnya membengkak dan menyebabkan masalah pada prostat. Karenanya, para ahli kesehatan menyarankan untuk bercinta secara rutin agar kesehatan prostat Anda tetap terjaga hingga usia tua.

4. Disfungsi ereksi

Jaringan pada organ intim akan tetap sehat jika Anda rutin melakukan hubungan seksual. Pasalnya, darah akan mengalir dengan lancar melalui pembuluh arteri saat terjadi ereksi. Jadi, jika Anda ingin mencegah disfungsi ereksi, cara paling tepat yang harus dilakukan adalah rutin bercinta.

5. Mudah stres

Apakah Anda termasuk orang yang mudah mengalami stres? Jika ya, mungkin penyebabnya adalah karena Anda jarang melakukan hubungan seksual. Menurut peneliti, stres sebenarnya bisa diatasi dan dicegah dengan berhubungan seks secara rutin. Ya, itu karena saat bercinta tubuh memproduksi dopamin (zat yang ampuh melawan hormon stres), endorfin (hormon bahagia), dan oksitosin (hormon yang mampu tingkatkan keinginan akan sesuatu yang disekresikan oleh kelenjar hipofisis).

Ya, meski berhubungan seks punya banyak manfaat buat kesehatan, bukan berarti Anda bisa bebas melakukannya dengan siapa pun. Hindarilah bergonta-ganti pasangan jika tak ingin terinfeksi berbagai penyakit berbahaya.

Related : Jarang Berhubungan Seksual? Ini Dampak Buruk Yang Bisa Terjadi !!!