Orang Batak Bilang " Merantau Akan Memberikanmu Banyak Pengalaman Hidup Maka Pergilah Sejauh Mungkin Namun Jangan Lupa Kampung Halaman".


Demi sebuah cita-cita yang tersemat di dalam dada, kamu harus pergi merantau ke kota atau pulau seberang untuk menuntut ilmu. Awalnya kamu ragu, seperti apakah kehidupan di ujung sana. Sementara di sini sudah nyaman dipelukan keluarga dan lingkungan yang nyaman. Bersiaplah, ada banyak pengalaman hidup yang bisa kamu dapatkan saat merantau ke kota lain.

Hidup sendiri memaksamu untuk melakukan semuanya secara mandiri

sendiri
kamu akan belajar tentang sebuah kemandirian Via wallpaperstock.net

Berada di tempat asing dan sendiri akan membuat mentalmu terbentuk dengan dewasa. Kamu akan belajar mandiri dengan keadaan yang menuntutmu bertahan hidup dengan keadaan yang ada. Tak ada lagi keluarga di dekatmu yang akan membantu setiap kesulitanmu. Ini akan membuatmu paham arti hidup yang sebenarnya. Karena nantinya, semua orang akan menjalani hidupnya sendiri.

Kamu bertanggung jawab atas segala sikap baik dan buruk yang kamu lakukan

tanggung jawab
semua sikap akan kamu tanggung sendiri Via caisscubidubibuloaloa.blogspot.co.id

Jika di kampung halaman kamu akan mendapat perlakuan baik karena keluargamu yang terkenal kaya dan terhormat, maka tentu saja di perantauan tidak akan ada yang mengenalmu seperti itu. Kamu hadir di tengah masyarakat sebagai pribadi individu tanpa memperhitungkan latar belakang keluargamu.
Kamu akan bertanggung jawab atas segala sikap buruk yang kamu lakukan. Untuk itu saat merantau kamu akan belajar bersikap baik, mengikuti aturan di mana kamu berada. Tidak akan ada sikap sombong dan arogan yang dulu kamu agungkan di daerah asal.

Akan datang banyak teman baru dari latar belakang yang berbeda

teman
banyak teman dengan latar belakang yang berbeda Via azkia-04.blogspot.co.id

Saat kamu merantau ke tempat baru, bukan tidak mungkin kamu akan bertemu dengan rekan-rekan seperjuangan yang juga merantau seperti dirimu. Di sini kamu akan membawa dirimu untuk mengenal orang baru dengan segala latar belakang berbeda. Kesamaan kondisi akan membuatmu menjadikan mereka keluarga baru di perantauan.

Saat jauh, kamu akan merasa lebih mencintai daerah asalmu

kampung halaman
lebih cinta kampung halaman Via muhammadelhami.blogspot.co.id

Ketika berada di daerah asalmu, semua tampak biasa saja. Keramaian di ujung jalan, suasana sepi yang biasa kamu nikmati tak begitu berarti bagimu. Tapi ketika telah jauh merantau meninggalkan daerah asal, kamu akan sering rindu dengan suasana rumah. Secara tidak langsung kamu akan lebih mencintai daerah asalmu lebih dari orang-orang asli yang berada di sana.

Percayalah, merantau akan mengajarkanmu tentang keinginan dan kekecewaan dalam hidup

rantau
pahit manis kehidupan akan kamu rasakan di perantauan Via bacathok.com

Tak jarang kekecewaan terhadap sesuatu saat merantau terjadi dan jadi bagian dari perjalanan hidup di perantauan. Kadang kamu mendapati kondisi tidak nyaman yang tak sesuai dengan yang kamu inginkan. Uang bulanan yang dirasa kurang cukup untuk membeli keperluan pribadi dan harus mengikhlaskannya. Atau kondisi lain yang mengharuskan kamu mengalami ketidaknyamanan lainnya.

Tersenyumlah

Berbagai kejadian dan pengalaman hidup yang mungkin selama ini hanya bisa kamu bayangkan, akan terjadi di perantauan. Yang paling menyedihkan, adalah ketika dalam keadaan terjepit, rindu kampung halaman, sekaligus kamu tak ingin orang rumah mengetahui bahwa kamu sedang susah. Kamupun akan mulai terbiasa untuk mencoba tersenyum dalam keadaan apapun.
Pada akhirnya kamu akan mengerti bahwa hidup bukan hanya tentang kesenangan, tapi juga kesedihan yang semuanya menjadikan karaktermu semakin matang.