23 Oct 2015

Misteri Semut yang Tawaf Kelilingi iPhone.


Sebuah video mengenai sekelompok semut dan iphone membuat heboh para netizen belakangan ini. Video tersebut menunjukkan sekelompok semut disekitar iphone, langsung bereaksi seperti militer, membentuk lingkaran di sekitar perangkat saat telpon berdering. Tapi mengapa mereka melakukan ini?
Pertama-tama lihatlah animasinya atau videonya dibawah ini:



Jadi mengapa semut bereaksi seperti itu saat telpon berdering? Jawabannya seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com adalah hampir pasti ‘karena medan magnet’.
Seperti banyak serangga lainnya, semut mengandalkan medan magnet untuk menemukan jalan mereka – mereka memiliki kompas magnetik internal yang membantu mereka bernavigasi. Ketika telepon mulai berdering, gelombang radio mungkin mengganggu kompas internal mereka dan ini membuat mereka ingin menghindari telepon. Ahli serangga Australia, Nigel Andrew dari University of New England mengatakan:

“Banyak semut menggunakan magnet untuk mengorientasikan diri. Mereka memiliki reseptor magnet di antena mereka. Jika mereka sedang bepergian jarak jauh mereka menggunakan isyarat magnetik dari Bumi untuk mengetahui arah.”
Bahkan sebenarnya tidak hanya semut, kecenderungan membentuk lingkaran sebenarnya cukup alami. Banyak organisme (termasuk semut) cenderung membentuk lingkaran, seperti yang dikatakan peneliti serangga sosial Simon Robson dari Queensland James Cook University (JCU) Australia:

“Ini merupakan konsekuensi tak terhindarkan dari sistem komunikasi mereka. Banyaknya semut bersama-sama seperti itu membuat bentuk telepon bisa menjadi faktor dan getaran telpon mungkin membuat mereka menjadi lebih bersemangat, tapi banyak semut akan melakukannya bahkan tanpa telepon.”
Kematian Spiral

 
Hal yang serupa – namun jauh lebih menakjubkan – adalah penampakan pusaran semut yang dikenal sebagai ‘kematian spiral’. Ketika semut tentara, yang secara alami buta, kehilangan jejak aroma feromon yang membuat mereka kontak dengan pihak pencari makan utama mereka, mereka mulai mengikuti satu sama lain, membentuk lingkaran dan terus berputar. Pusaran semut terbesar yang pernah tercatat adalah pusaran semut berdiameter 365 meter dan butuh lebih dari 2 jam untuk tiap semut lmenyelesaikan satu putaran. Dengan tidak adanya isyarat lain yang memberitahu mereka apa yang harus dilakukan, mereka akan terus dalam lingkaran ini sampai mereka mati kelelahan.
Baca juga mengenai an naml atau semut selengkapnya disini
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...