Melamun Itu Sehat Lho!


 
Bengong atau Melamun, menurut Merriam-Webster, adalah seseorang yang sedang mengkhayal hal-hal yang menyenangkan dengan penciptaan angan dan imajinasinya.
Berdasarkan definisi itu, memang telah terbukti secara ilmiah bahwa ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melamun. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari metrotvnews.com

1. Melatih otak Anda
Dr Muireann, ahli Neuroscientist dari Irlandia mengatakan, bahwa melamun merupakan suatu kerja keras yang menggunakan beberapa fungsi yang sangat penting pada otak. Kemampuan untuk mengingat masa lalu dan membayangkan masa depan adalah bentuk yang sangat kompleks dari sebuah pemikiran. Cara di mana Anda melamun dan berpikir bisa berefek pada tubuh Anda, yang pada gilirannya, akan terus berubah dalam menanggapi informasi baru pada saraf otak karena neuroplastisity.

2. Menggunakan bagian yang berbeda dari otak Anda
Ada dua sistem utama dalam otak Anda yaitu bagian analitik pengambilan keputusan dan yang berhubungan dengan bagian empati. Ketika Anda benar-benar fokus pada salah satu fungsi otak, tidak ada banyak ruang untuk bagian otak yang lain yang berfungsi. Namun, melamun memungkinkan cairan alami bergerak berputar di antara kedua bagian otak Anda tersebut, sehingga Anda masih bisa menyusun satu persatu apa yang Anda bayangkan.

3. Membuat lebih kreatif
Banyak selebritas kreatif, termasuk Woody Allen dan JK Rowling, melamun untuk mendapatkan ide-ide terbaik mereka. Hal ini karena ketika Anda melamun, pikiran Anda melalui perjalanan pada bagian yang berbeda dari otak Anda dan mengumpulkan serpihan-serpihan informasi yang kemudian dapat terhubung satu sama lain. Koneksi-koneksi inilah yang sering berakhir menjadi awal dari ide-ide baru yang membuat Anda begitu kreatif.

4. Berlatih lebih berpikiran terbuka
Melamun itu seperti mampu mengingat masa lalu atau berpikir ke masa depan, atau mengasah kemampuan Anda untuk memandang perspektif orang lain, dan ini dimiliki oleh setiap manusia. Seseorang bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam hanya untuk melamun. Jika Anda bisa merenungkan apa yang orang lain mungkin pikirkan dan rasakan, Anda bisa mengubah interaksi Anda dengan orang-orang tersebut dan menciptakan peluang besar untuk meningkatkan komunikasi dan koneksi dengannya agar lebih baik lagi.

5. Meningkatkan memori kerja otak
Kemampuan otak Anda untuk menyimpan dan kemudian mengingat informasi yang lalu mungkin akan memiliki gangguan. Namun, dengan melamun bisa membantu Anda dalam meningkatkan kembali memori kerja Anda. Dan penelitian terbaru dari University of Wisconsin dan Max Planck Institute for Human Cognitive dan Ilmu Otak menunjukkan bahwa ternyata memang ada korelasi antara memori kerja dengan melamun.

6. Anda menjadi lebih sehat
Penelitian telah membuktikan bahwa melamun merupakan jenis dari self hypnosis. Saat melakukannya, Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda mengalami tingkat stres yang lebih rendah. Melamun juga dikaitkan dengan otak sehat. Tetapi, untuk pasien yang menderita autisme dan penyakit alzheimer, mereka tidak dapat melakukan hipnosis diri ini. Melamun juga dapat membantu Anda tidur lebih baik, asalkan impian Anda tidak terlalu berat dan serius.

6. Menjadi lebih bahagia
Di antara semua manfaat melamun mungkin ini yang paling mengherankan. Namun, ini memang benar, Anda bisa menemukan diri Anda lebih bahagia dengan membiarkan diri Anda bermain-main dalam pikiran Anda. Anda akan merasa lebih bahagia dengan apa-apa yang Anda bayangkan sehingga membuat Anda lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

Related : Melamun Itu Sehat Lho!