22 Sept 2015

9 Desa Paling Unik dan Aneh dari Seluruh Dunia.


 
Sudah pernah dengar tentang desa yang seluruh penduduk prianya berotot? Atau desa wanita Amazon ala abad 21?
Di dunia ini ternyata ada banyak sekali desa aneh dan tak biasa yang tak akan bisa Anda temui di tempat lain. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini adalah 9 di antaranya seperti yang dikutip dari merdeka.com

1. Desa pikun Hogewey – Belanda
Desa Hogewey terletak di Weesp, Belanda. Sekilas pandang, desa mungil ini tampak normal. Namun, semua penduduk di sana ternyata para lansia yang menderita demensia alias pikun.
Hogewey sebenarnya adalah sebuah panti jompo yang berkonsep seperti sebuah desa. Sengaja dibuat demikian agar para pasien merasa bahwa mereka seperti menjalani kehidupan normal. Mereka bahkan tidak tahu kalau desa itu adalah sebuah panti jompo yang dipantau selama 24 jam.

2. Lembah Boneka Nagoro – Jepang
Nagoro adalah sebuah desa terpencil di Jepang yang terkenal dengan julukan Lembah Boneka. Pasalnya nyaris seluruh penduduk desa tersebut adalah boneka.
Dulunya Nagoro adalah desa biasa. Namun belakangan penduduknya semakin berkurang hingga kurang dari 50 orang. Lantas wanita berusia 64 tahun bernama Ayano Tsukimi membuat satu boneka untuk menggantikan setiap orang yang meninggalkan desa itu.
Tiap kali ada tetangganya yang meninggal atau meninggalkan desa, Tsukimi akan segera membuat boneka tiruan mereka, lalu memposisikan boneka-boneka tersebut seperti sedang melakukan aktivitas yang biasa dilakukan oleh tetangganya. Ia membuatkan boneka anak-anak dan guru untuk diletakkan di gedung sekolah , boneka para manula lengkap dengan kursi roda yang sedang menunggu bus di halte, dan berbagai boneka anak-anak serta orang dewasa yang tampak sedang beraktivitas di rumah mereka. Selengkapnya bisa dibaca disini

3. Noiva do Cordeiro – Brasil
Tak salah rasanya jika menyebut Noiva do Cordeiro sebagai desa wanita Amazon modern. Pasalnya desa ini hanya dihuni oleh kaum perempuan.
Lebih dari 600 wanita yang menghuni desa ini adalah wanita muda yang cakap dan mandiri. Mereka mengerjakan segala urusan tanpa bantuan laki-laki.
Beberapa perempuan di Noiva do Cordeiro ada yang sudah menikah dan punya keluarga, namun suami dan anak lelaki yang sudah dewasa dilarang tinggal di sini. Mereka hanya boleh pulang di akhir pekan. Kini desa tersebut sangat membutuhkan pria seperti yang dapat anda baca disini

4. Asola dan Fatehpur Beri – India
Inilah dua desa di negara India yang terkenal sebagai desa ‘pria kuat’. Dilaporkan Oddity Central, desa Asola dan Fatehpur Beri memang dipenuhi pria-pria berotot. Hampir 90 persen laki-laki dari desa itu bekerja sebagai bodyguard di klub malam di kota-kota terdekat seperti New Delhi. Sisanya membentuk tubuh untuk mempersiapkan diri sebagai atlet profesional.
“Di desa ini, tidak ada seorang anak lelaki pun yang tidak pergi ke gym,” kata Vijay Pahelwan, kepala pelatih di akhada, sebutan untuk gym. “Semua anak laki-laki berolahraga. Mereka sangat berhati-hati terhadap tubuh mereka. Tidak ada yang mengonsumsi minuman keras atau tembakau.”
Kebanyakan anak laki-laki mengikuti gulat pada usia yang sangat muda dengan harapan bisa mengikuti ke Olimpiade. Jika gagal biasanya mereka banting setir menjadi tukang pukul atau bodyguard.

5. Desa terapung Uros – Peru & Bolivia
Jika berkunjung ke danau Titicaca yang berada di perbatasan Peru dan Bolivia, Anda akan menemukan pulau-pulau terapung yang terbuat dari jerami. Pulau yang dinamakan Uros ini sekaligus berfungsi sebagai desa pemukiman suku Uru.
Uros ini terbuat dari sejenis alang-alang bernama totora. Suku Uru menjalankan hampir seluruh aktivitas di atas Uros. Meskipun bahan pembuatannya sangat sederhana ternyata fasilitasnya cukup lengkap. Ada rumah-rumah untuk setiap keluarga, sekolah, dan bahkan ada stasiun radio.
Menurut Wikipedia, dulunya pemukiman yang dibangun di tengah ini difungsikan sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan yang mudah dipindah-pindahkan. Jika musuh mendekat, penduduk suku tinggal melarikan diri bersama dengan rumah mereka.

6. Desa Nudis Tertua
Perkampungan Spielplatz di Hertfordshire terlihat seperti desa kecil yang tenang, tapi ada sesuatu yang sangat berbeda tentang kehidupan di sini. Pada pandangan pertama, desa kecil sunyi ini terlihat seperti tempat lain di tengah sabuk komuter London. Tapi rumput dan semak-semak dengan rapi menyembunyikan banyak hal. Desa Hertfordshire adalah rumah koloni tertua kaum telanjang di Inggris. Selengkapnya tentang desa ini dapat anda baca disini

7. Desa Diatas Batubara yang Membara
Jharia dan desa tetangga Bokapahari, di negara bagian Jharkhand, terletak dalam salah satu cadangan batubara terbesar di India. Batubara kokas penting bagi perekonomian India karena lebih dari 70% pasokan listrik di negara itu berasal dari batu bara. Tapi untuk 90.000 orang yang tinggal di sekitar Jharia, tidak ada manfaatnya. Kebakaran batubara mengamuk di bawah permukaan tanah dan gas beracun termuntahkan dari celah di dalam dan sekitar rumah. Selengkapnya bisa dibaca disini

8. Desa yang Dihuni Ribuan Ular
Lubang-lubang ular di Narcisse (Narcisse Snake Pits) terletak 6 km sebelah utara dari pedesaan Narcisse di provinsi Manitoba di Kanada. Lubang-lubang ini dihuni oleh konsentrasi terbesar dari ular jenis red-side Garter (Thamnophis sirtalis parietalis) di dunia.
Selama musim dingin, ular-ular ini berhibernasi di dalam gua-gua bawah tanah yang dibentuk oleh air di daerah berbatu kapur. Tak lama setelah salju mencair pada akhir April dan awal Mei, puluhan ribu ular tersebut merayap keluar dari sarang-sarang batu kapur dan nongkrong di permukaan tanah melakukan ritual kawin mereka dalam tumpukan kusut yang besar. Selengkapnya baca disini

9. Desa tanpa sinyal ponsel, wifi dan radio
Green Bank, di Pocahontas County di Virginia Barat, Amerika Serikat, adalah salah satu tempat hunian yang tenang di bumi. Disini sama sekali tidak ada sinyal ponsel, tidak ada sinyal Wi-Fi, bahkan disini tidak ada gelombang radio dan televisi yang dapat ditangkap. Tapi Green Bank bukannya tertinggal dalam teknologi. Sebaliknya, daerah ini adalah rumah bagi salah satu teleskop radio terbesar di dunia yang bernama Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT), yang dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. GBT inilah alasan mengapa kota ini hening dari keramaian elektromagnetik. Selengkapnya bisa dibaca disini
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...