19 Sept 2015

10 Hal Yang Buat Saya Bangga Menjadi Orang Batak.


Saya Sebagai Orang Batak sangat bangga akan suku saya sendiri karena banyak hal yang dapat saya pelajari di Suku Batak dan yang paling berharga yang saya nilai adalah cara berpikir yang membawa saya ke arah yang lebih baik serta Bahasa nya yang sering membuat saya lebih cepat mendapatkan kerja. Untuk itu langsung saja kita baca 10 Hal Yang Buat Saya Bangga Menjadi Orang Batak:

1. Identitas Diri Yang Sejati
Kenapa saya bilang Identitas diri yang Sejati??? Seperti kita ketahui, berbicara tentang orang batak  pasti ada kaitannya dengan marga. Ya, marga adalah identitas dari suku batak. Marga adalah bagian dari diri yang tidak bisa dilepaskan. Marga juga dapat menjalin hubungan kekeluargaan.

2. Batak Menilai Prestasi Dari Pendidikan.
Menurut orang  batak, pendidikan adalah yang utama, dan menjadi kebanggaan. Orang yang berpendidikan dianggap seorang yang berprestasi, dan dalam perkawinan suku batak, mempelai yang memiliki gelar pendidikan akan dapat mengangkat martabat keluarganya.
Baca Juga : 4 Hal Yang Membuat Orang Batak Menikah Di Usia Yang Sudah Senja.

3. Orang Batak Itu Humoris
Orang batak itu selalu bikin suasana ceria.. satu orang batak aja di kelompok kamu... pasti kamu selalu terbahak bahak dibuatnya.. bukan hanya karena logatnya.. tapi juga karena lelucon lelucon anehnya...

Cerita Lawak Batak "Si Baluhap Di Malam Pertama"


4. Anak adalah harta yang paling berharga.
Berhubungan juga dengan yang saya jelasin tadi, dalam suku batak anak adalah harta. Seperti lagu  batak “anakkon ki do hamoraon di ahu”, berceritakan bahwa anak adalah harta yang paling berharga didunia ini. Itu adalah gambaran Suku batak yang rela bekerja keras, membanting tulang demi menyekolahkan anaknnya, bahkan tidak malu meminjam uang kepada orang lain agar anaknya bisa sekolah, ataupun rela hidup miskin agar anaknya bisa sekolah sampai setinggi-tingginya.

5. Batak Itu Setia.
Sebagian besar orang Batak hanya memiliki satu pasangan di sepanjang hidupnya. Tidak hanya karena larangan agama, tapi dari sejak dahulu, norma itu telah diterapkan . bisa dilihat, jarang orang batak yang mengalami perceraaian. Dalam pertemanan juga, orang batak adalah orang yang setia, dan bisa jadi teman yang baik, sehingga tidak heran, orang batak itu punya banyak teman.

6. Orang Batak itu  keras, bukan kasar
Ini orang sering membuat salah paham tentang orang batak, logat bahasa batak memang kental, susah untuk dihilangkan, dan  ditambah orang batak suka sekali berbicara keras-keras sehingga orang kadang berpikir orang batak itu kasar. Padahal berbicara keras bukan berarti kasar, bisa saja ngomong lembut tapi perkataannya kasar, menyakitkan hati, ngmana coba??..

7. Tidak Suka Mencampuri Urusan Orang Lain
Orang batak pantang ikut campur urusan orang lain apalagi itu bukan masalah keluarga atau teman dekat. Saat membela saudara atau keluarga, orang batak paling berani dan paling ngotot, walaupun terkadang yang dibelain itu salah, tapi  tetap saja dibelain. Ini juga bukti, suku batak itu kompak dalam segala hal...

8. Percaya Diri Tinggi.
Orang batak memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tidak plin-plan,  tidak pernah takut perpendapat sekalipun pendapatnya akan memunculkan pro and kontra. ini juga yang membuat orang batak banyak yang sukses.

9. Batak penyanyi yang baik
Suku batak  pasti bisa menyanyi,  karena sejak kecil, sudah dibiasakan menyanyi, dan di suku batak dikenal “lapo tuak” , tempat  nongkrong istilahnya, di sana para pemuda atau orang tua tak  malu-malu untuk menyanyi bersama. Karena sejak kecil sudah belajar olah vokal, tiak heran banyak orang batak yang menjadi penyanyi dan di kenal memiliki suara yang merdu dan unik..
Kebudayaan itu tidak bisa dibeli, tidak ternilai harganya. Saya adalah orang batak, dan saya bangga jadi orang batak.

10. Orang Batak Selalu Mengutamakan Menikah Dengan Orang Batak Juga.
Sebagian alasan orang tua menyarankan atau bahkan menuntut kita muda/mudi dari suku batak agar menikah dengan sesama suku kita adalah untuk alasan agar pasangan yang kita pilih mengetahui juga mengenai aturan dan tata cara suku batak. 



LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...