8 Fakta Ini Yang Membuat Jakarta Selalu Macet .


Jakarta selalu identik dengan kemacetan yang terjadi setiap saat. Sehingga untuk memetakan letak penyebabnya juga bukan perkara mudah lho. Eits, tapi bukan berarti penyebab kemacetan gak bisa ditebak lho. Untuk itu, kali ini IDN Times bakal ngasih tau kamu tujuh hal yang berkontribusi menyumbang kemacetan di Jakarta. Apa saja sih?

1. Banyak proyek pembangunan yang memakan jalan

91689-proyek-underpass-mampang-kuningan-ditargetkan-rampung-akhir-2017-8e5-highres-6f6c93f56bb168e633ec8097e2458ccf.jpg
 
Ini sering kita temui di mana-mana. Dan biasanya, proyek-proyek ini terjadi secara bersamaan, seperti pembangunan MRT ditambah dengan pembangunan underpass di Mampang-Kuningan. Belum lagi proyek-proyek kecil seperti galian di pinggir jalan yang terkadang dibiarkan terbengkalai. Akibatnya, ruas jalan jadi dipersempit atau bahkan dialihkan. Gak heran deh kalau macet terjadi.

2. Lupa mengecek saldo kartu e-toll

penerapan-e-toll-f9050af5205d431df451755ff295de88.jpg
 
Buat kamu pengguna jalan tol mungkin kerap menemukan hal ini. Seharusnya adanya transaksi elektronik bisa meminimalisir kemacetan dengan transaksi yang lebih cepat. Tapi jika ternyata saat transaksi saldo kurang, tidak hanya bikin jengkel para pengemudi lain di belakang tetapi juga petugas tolnya. Sehingga macet karena antrian yang lama gak bisa dihindari. Nah buat kamu pengguna kartu e-toll, selalu cek saldo dulu ya sebelum jalan!

3. Pejalan kaki yang nyebrang sembarangan

sof-menyeberang-sembarangan-96f2c6a28c2aca9344019d296a618d79.jpg
 
Ini jadi pemandangan yang cukup sering dijumpai. Orang yang nyebrang sembarangan jadi bikin para pengemudi harus ngerem mendadak, diikuti oleh pengendara di belakangnya sehingga bisa bikin macet.

Saking parahnya, terkadang suka ada aja yang nyebrang di jalan tol lho! Menurut IDN Times sih, adanya jembatan penyebrangan juga gak terlalu banyak membantu karena banyak yang berpikir terlalu memakan waktu dan capek. Padahal ini menyangkut keselamatan mereka lho. Kamu jangan kayak gitu ya!

4. Tiap orang bawa kendaraan masing-masing

macet-puncak-1-1b615aa37368e6c789ec385360d57bd1.jpg
 
Bisa jadi, sarana transportasi umum yang kurang memadai menyebabkan hal ini terjadi, selain karena peraturan yang membuat kepemilikan kendaraan yang mudah. Banyaknya jumlah kendaraan di jalan ini diakibatkan oleh semua orang membawa mobilnya.

Jadinya, kemacetan gak bisa dihindarin, terutama saat berangkat dan pulang kerja. Akibatnya buat pengendara mobil, pemakaian bensin pun jadi cepet boros dan mesin mobil juga jadi cepet panas karena terlalu lama menyala.

Untuk mengantisipasi hal ini, tentunya pemilihan pelumas untuk kendaraan kamu haruslah diperhatikan. Nah, salah satu pelumas yang bisa kamu gunakan adalah Federal Mobil Lubricants.

Pelumas hi tech dari Federal Mobil Lubricants ini dirancang dengan teknologi terbaru, yakni anti heat technology with Active Polymer. Teknologi ini memungkinkan suhu mesin mobilmu lebih stabil meski dalam keadaan macet sehingga memperpanjang umur mesin mobil kamu. Selain itu, pelumas ini bisa meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar lho. Jadi gak perlu takut mesin mobil cepat rusak meski macet.

5. Pengemudi lawan arah

kemacetan-di-jaln-raya-cilidug-5aed62a7915b13a55449d3ad359da10e.jpg
 
Hmmm, ini juga jadi makanan sehari-hari sih yang biasanya dilakukan oleh para pemotor. Jadinya seperti efek domino, satu orang melakukannya, semuanya pun ikutan. Jadi gak heran kalau bikin macet. Ini terjadi karena sebagian besar orang juga gak sabaran karena ingin menghindari macet.

6. Transaksi di tengah jalan

bendera-hiasan-mobil-050814-da-1-842e96fb36ae7cd263782566185ab424.jpg
 
Biasanya pas macet, banyak pedagang yang menjajakan dagangannya. Nah, adanya transaksi di jalan ini juga kerap bikin tersendat. Biasanya saat kendaraan sudah mulai bergerak, ada saja yang masih berhenti karena sedang transaksi.

7. Ada kecelakaan tapi orang-orang sibuk menonton

car-accident1-bd6a15974bbb65e646b8390cc9044877.jpg
 
Kamu pernah nemuin? Ya, ini juga jadi salah satu hal yang sering terjadi di Indonesia. Seakan kecelakaan adalah bahan tontonan, banyak orang yang berhenti di tengah jalan untuk melihatnya. Tentu saja hal ini bikin jalanan jadi tersendat. Mungkin akan lebih baik jika mau membantu dan melipir ke pinggir jalan terlebih dahulu agar gak mengganggu pengguna jalan yang lain.

8. Menyerobot lampu lalu lintas

20160425-061902-harianterbit-macet-jakarta-9016c7c5be15a03eb2145f699c2a8a72.jpg
 
Entah kenapa, banyak orang yang gak sabaran saat berhenti di lampu lalu lintas. Biasanya kondisinya seperti ini: lampu belum hijau tapi sudah menyerobot atau lampu sudah merah tapi tetap saja menerobos.

Tidak hanya berbahaya, tindakan ini bisa bikin macet kalau kondisi jalan sedang ramai. Jadi gak jarang juga bisa menyebabkan kemacetan makan waktu karena lalu lintas jadi ruwet di persimpangan.

Nah itu tadi delapan hal yang jadi alasan kenapa Jakarta seringkali macet. Lamanya waktu kita di jalan juga kadang membuat mobil jadi boros bensin dan mesin cepat panas. Untuk itu kamu memerlukan pelumas yang berkualitas seperti Federal Mobil Lubricants yang berteknologi anti heat technology with Active Polymer yang memperpanjang umur mesin mobilmu. Jadi kamu bisa tetap tenang meski macet.

Related : 8 Fakta Ini Yang Membuat Jakarta Selalu Macet .