Inilah 10 Orang Pertama Dalam Islam ? Wajib Baca...


Sebagian besar umat manusia lebih mengenal pengetahuan tentang keduniawian dibandingkan dengan pengetahuan tentang keagamaan, khususnya agama Islam. Padahal cukup banyak yang menarik untuk kita ketahui seputar pengetahuan tentang agama Islam. Jika ditanya siapa orang yang pertama kali ke bulan, maka banyak orang yang akan bisa menjawabnya. Namun jika pertanyaannya siapa orang yang pertama kali syahid dalam Islam, maka akan banyak yang kebingungan. Oleh karena itu, mari kita perdalam kembali pengetahuan kita tentang dunia Islam.

1. Wanita yang Pertama Kali Syahid dalam Islam

Beliau adalah Ummu 'Ammar, istri dari Yasir, yaitu Sumayyah binti Khatbath. Sumayyah ra merupakan muslimah pertama yang menyatakan keislamannya secara terbuka sehingga mendapatkan siksaan dari kaum kafir Quraisy. Beliau disiksa bersama suaminya Yasir dan anaknya 'Ammar pada tahun 7 Hijriah. Abu Jahal mempunyai andil besar dalam penyiksaan tersebut.

Meskipun mendapatkan siksaan yang amat menyakitkan, Sumayyah ra tetap tegar menghadapi siksaan yang tak pernah berhenti dan tak pernah sedikitpun untuk merubah keyakinannya. Hingga suatu hari Rasulullah melewati tempat penyiksaan mereka, kemudian beliau bersabda,  “Berbahagialah, wahai keluarga ‘Ammar, karena sesungguhnya kalian telah dijanjikan masuk surga”.  Setelah mendengar sabda Rasulullah, mereka menjadi lebih nyaman dan tenang menghadapi siksaan yang diterima. Mereka selalu menantikan kenikmatan surga sepanjang siang dan malam. Hingga akhirnya Sumayyah ra syahid karena Abu Jahal menusuk qubul (kemaluannya) dengan tombak pendek.

2. Orang yang Pertama Memanah dalam Perjuangan Fiisabilillah

Saad bin Abi Waqash adalah orang tersebut. Beliau merupakan salah satu dari 10 orang sahabat yang dijanjikan masuk surga. Masuk Islam pada usia 17 tahun, dan merupakan pemanah handal pada perang Badar dan perang Hudaibiyah.

3. Orang yang Pertama Masuk ke Dalam Surga

Meskipun nabi Muhammad saw adalah nabi dan rasul terakhir, namun beliaulah yang akan masuk surga pertama kali setelah hari kiamat. Setelah itu nabi dan rasul kemudian disusul oleh umat Islam dan umat lainnya. Hal ini sesuai dengan hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata :

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْنُ الْآخِرُونَ الْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَنَحْنُ أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ بَيْدَ أَنَّهُمْ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِنَا وَأُوتِينَاهُ مِنْ بَعْدِهِمْ فَاخْتَلَفُوا فَهَدَانَا اللَّهُ لِمَا اخْتَلَفُوا فِيهِ مِنْ الْحَقِّ فَهَذَا يَوْمُهُمْ الَّذِي اخْتَلَفُوا فِيهِ هَدَانَا اللَّهُ لَهُ قَالَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فَالْيَوْمَ لَنَا وَغَدًا لِلْيَهُودِ وَبَعْدَ غَدٍ لِلنَّصَارَى

Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda : “Kami adalah umat terakhir, namun pertama pada hari kiamat. Kamilah yang pertama kali masuk surga. Walaupun mereka mendapatkan kitab suci sebelum kami dan kami mendapatkan kitab suci setelah mereka. Lalu mereka berselisih dan kami ditunjukkan Allah kepada kebenaran dalam hal yang mereka perselisihkan. Inilah hari mereka, yang mereka berselisih padanya, dan Allah tunjukkan kepada kita”. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda lagi: “Hari Jum’at, adalah hari kita, dan esoknya hari Yahudi, dan setelah esok adalah hari Nasrani". [HR Muslim].

4. Orang yang Pertama Kali Ucap Bismillah

Nabi Sulaiman

5. Orang yang Pertama Kali Berkhitan

Nabi Ibrahim

6. Orang yang Pertama Kali Menulis Hadits dalam Lembaran

Abdullah bin Al-Amru bin Al-Ash

7. Orang yang Pertama Kali Menjadi Raja dalam Islam

Muawiyyah bin Abi Sufyan

8. Orang yang Pertama Menghafal Al-Quran setelah Rasulullah saw

Ali bin Abi Thalib

9. Orang yang Pertama Kali Beriman pada Nabi Muhammad saw

Khadijah binti Khuwailid

10. Orang yang Pertama Menggunakan Kalender Hijriah

Umar bin al-Khaththab

Sumber Gambar : ejbron.wordpress.com
Referensi : almanhaj.or.id

Related : Inilah 10 Orang Pertama Dalam Islam ? Wajib Baca...