9 Nov 2015

3 Visi Di Hita Halak Batak.Kamu Harus Tahu.....


Hamoraon

Berbagai usaha dilakukan untuk mencapai hamoraon tersebut, bekerja keras menuntut ilmu agar bisa mamora (kaya). Maka manusia Batak menjadi petarung, berjuang keras untuk mencapai hamoraon, dan menjadi kaya secara finansialdan material.Manusia Batak tidak akan segan-segan mangaranto, pergi meninggalkan kampung halaman untuk mencari kekayaan material. Berjuang dengan segala usaha dan modal di pangarantoan, perantauan, untuk bisa mendapatkan kekayaan.Kalau perlu merantau ke seluruh penjuru dunia.
Maka nyata kesan kalaupan dangan hidup orang Batak yang berbunyi“Anakhon Hi Do Hamoraon Di ahu”telah memperkuat motivasi masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka setinggi mungkin.Karena menurut orang batakdengan sekolah setinggi mungkin bisa memperjelas masa depan. makanya orang batak terkenal Madiri dan pekerja keras.Kalau tidak dilandasi kerja keras dan kemandirian bagaimana mungkin kita (halak batak) bisa sukses. Dang I akka dongan???

Hagabean
Keturunan, untuk memiliki keturunan kita harus menikah.Dan untuk mencapai hagabean kita harus memiliki anak laki-laki.Akan tetapi Ukuran umum hagabeon dalam bangsoBatak adalah bila mempunyai keturunan baoa (laki) dan boru (perempuan) yang juga kemudian mempunyai keturunan lagi.

Jadi bila seseorang dalam hidupnya sudah mempunyai cucu dari anak laki-laki, cucu dari anak perempuan, serta semua anaknya baik laki dan perempuan sudah berumahtangga dan mempunyai keturunan, maka ia disebut gabe. Hagabeon yang menjadi sempurna ketika masih hidup ia masih bisa melihat cicit (apalagi kalau dari cucu perempuan dan cucu laki-laki). Itulah puncak sempurna hagabeon manusia Batak.

Hasangapon

Kehormatan, Secara harafiah, sangap bisa di artikan sebagai terpuji, atau tauladan, terhormat, nyaris tanpa cela.Seseorang yang dianggap sangap,berarti ia menjadi pribadi sempurna, manusia yang mencapai status tinggi dalam kehidupan, dan tidak ada cemoohan dari orang lain. Biasanya seseorang menjadi sangap, bila dalam tingkat tertentu ia juga mempunyai hamoraon dan mempunyai hagabeon.Kalau kita sudah bisa mandiri dengan kehidupan social dan financial makakita bisa disebut memiliki hasangapon.

Wajib Tahu Kita Sebagai Orang Batak...


WAJIB DILIHAT SEMUA KITA YG SUDAH TEMANAN DI PAN PAGE INIWAJIB...mauliate
Posted by Bangso Batak on 25 Juli 2015



LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...