Biara di Puncak Monolit Batu Kapur.


Pilar Katskhi adalah monolit batu kapur yang menjuulang setinggi 40 meter, terletak di Desa Katskhi di wilayah Imereti Georgia barat, sekitar 10 kilometer dari kota pertambangan Chiatura. Pada zaman pagan, sebelum munculnya agama Kristen, Pilar Katskhi dianggap mewakili dewa kesuburan lokal. Dengan kedatangan agama Kristen di Georgia pada abad ke-4 M, batu diajdikan sebagai tempat perapaan. Penduduk setempat menyebutnya Pilar Kehidupan. 

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Di puncak pilar Katskhi, adalah sisa-sisa sebuah gereja kecil dibangun antara 6 dan ke-8 M. Gereja ini mungkin dibangun oleh Stylites, pertapa Kristen awal yang naik di atas pilar, berkhotbah dan berdoa. Satu-satunya catatan tertulis dari pilar Katskhi terdapat dalam teks sarjana Gregorian abad ke-18, yang mencatat ketidak terjangkauan gereja tersebut. Namun ada, sejumlah legenda lokal di sekitar pilar, salah satunya mengatakan bahwa puncak batu dihubungkan dengan rantai besi panjang ke kubah gereja Katskhi, yang terletak pada jarak sekitar 1,5 km dari pilar.


Pilar Katskhi tetap tidak didaki oleh para peneliti dan belum pernah dilakukan survei sampai tahun 1944. Setelah penelitian yang lebih sistematis dilakukan setelah tahun 1999, peneliti menyimpulkan bahwa kompleks terdiri dari biara dan ruang untuk pertapa. Penemuan sisa-sisa sebuah gudang anggur juga membantah ide asketisme ekstrim telah berkembang di pilar itu. Pada tahun 2007, piring batu kapur kecil dengan prasasti Georgian asomtavruli ditemukan, bertanggal kembali keabad ke-13 M dan mengungkapkan nama “Giorgi”, yang bertanggung jawab untuk pembangunan tiga ruang pertapa. Prasasti juga membuat menyebutkan nama Pilar Kehidupan, menggemakan tradisi populer pemujaan batu sebagai simbol Salib Sejati.

Bangunan biara di atas pilar sekarang dipulihkan dan batu dapat diakses melalui tangga besi yang membentang dari dasar ke atas.

 
Puncak Pilar Katskhi
Baca juga mengenai kapel yang berada di puncak plug vulkanik disini

Related : Biara di Puncak Monolit Batu Kapur.