6 Kesan Negatif Mengenai Orang Batak


Ada banyak hal yang saya lihat dari seorang batak termasuk diri saya sendiri, baik buruk nya memang sudah menjadi kepribadian manusia namun sisi lain karena pengaruh budaya membawa kita sisi positif dan sisi negatif. Namun sekarang kita akan membahas sisi negatif nya yaitu 6 Kesan Negatif Mengenai Orang Batak jika sebelumnya kita sudah membahas 5 Kesan Positif Mengenai Orang Batak 

Langsung saja kita bahas dengan cepat dan tepat :

1. Orang Batak Jika Sudah Berkumpul Lebih Dari 3 Orang Pasti Kegiatannya Mulai Aneh.

Pernah tidak saudara mendengar ungkapan seperti ini :
  •  Pria batak jika sendirian main gitar 
  •  Pria batak jika berdua main catur 
  • Pria batak jika bertiga menyanyi (trio ambisi, trio elexis, trio lasidos dll) 
  •  Pria batak jika berempat main kartu 
  • Pria batak jika lebih dari empat orang merampok. Wkwkwkwkwk LOL .
maka dari itu saya bisa berpendapat begini, jadi jangan kaget saudara ... hahahaha.....

2. Gaya Hidup Seperti Raja.

Gaya hidup seperti raja ( walaupun miskin), suka memerintah orang, ngutang demi gengsi dan berpikir pendek juga merupakan ekses negatif dari harga diri yang tinggi itu. Saya tahu banyak orang Batak yang mengutang demi gengsi. Tak peduli, yang penting bisa hidup seperti raja karena memang semua lelaki Batak suatu saat akan menjadi raja. Jadi, dalam hal ini ada kesalahan dalam mengappresiasi nilai-nilai budaya.

3. Orang Batak Itu Penakut


Orang Batak memang pintar menyesuaikan diri, pintar mengambil hati dan pintar membunglon. Itu ciri-ciri penakut,”kata teman saya, lalu menikam dengan pernyataan lebih menyakitkan,”Otak kalian mungkin jauh lebih cerdas dibanding suku-suku lain di Indonesia tapi hati kalian lemah dan pendirian kalian gampang berubah-ubah. Batak itu oportunis tulen.”


4. Suara Keras



Orang Batak pada umumnya (kebanyakan), kalau berbicara pasti dengan volume suara yang keras, sehingga membuat orang lain langsung menoleh, (mungkin dikira sedang berkelahi atau bertengkar). Hal ini dikarenakan karena pemukiman asli orang Batak yang tinggal di daerah pegunungan, rumah berjauhan dan banyak dilalui oleh angin yang kencang, sehingga orang Batak harus berbicara keras-keras agar terdengar oleh lawan bicaranya. Jadi jangan heran, ketika seseorang berbicara dengan anda, langsung bertanya "orang Batak ya ?", soalnya kentara kali logat kau itu .. he he...



Tapi jangan salah, karena saat ini juga banyak orang Batak yang berbicara pelan dan terdengar lembut, mungkin karena sudah terasimilasi dengan karakter budaya daerah kelahirannya, seperti lahir di pulau Jawa atau di daerah lain yang karakter penduduknya tergolong lemah lembut.

Tapi jangan laa sampek ilang pulak ciri-ciri Bataknya ?

5. Biaya Acara Adat yang lumayan banyak.

Saya sangat tidak setuju sebenarnya dengan hal ini, kalau untuk acara pernikahan masih mending tetapi yang paling saya sedih di Acara kematian pasti tidak sedikit yang di butuhkan apalagi yang sudah mati harus di tor tori, harus nya kita membutuhkan suasana yang hening untuk kepergian orang yang kita cintai ini malah nari nari. Jadi sebenarnya sangat bertolak belakang dengan situasi yang terjadi.

6. Karakter ini selalu muncul di Orang Batak yaitu TEAL, LATE, dan ELAT

Banyak juga orang Batak yang memonopoli sifat-sifat buruk yang selalu dikaitkan sebagai HANYA milik orang Batak, yang umum disebut TEAL, LATE, dan ELAT. Tapi kalau kita uji, hampir semua suku bangsa, juga memiliki sifat-sifat ini. Bedanya adalah, orang Batak berani mengakui, bahwa sifat-sifat itupun ada di orang Batak, sedang masyarakat lain tidak berani mengakuinya. 

Menurut saya ini juga hal yang positif. Sebab dengan mengakuinya (awareness), adalah merupakan langkah awal untuk menghindari, mengurangi atau bahkan menghilangkannya. Kalau kita tidak ada awareness mengenai sifat-sifat yang jelek ini, maka kita akan menganggap hal ini adalh hal yang lumrah, atau “apa boleh buat”.




Related : 6 Kesan Negatif Mengenai Orang Batak