Kupu-Kupu Bersayap Transparan.


 
Kupu-kupu Glasswinged atau sering disebut Greta oto adalah kupu-kupu brush-footed (memiliki dua kaki depan yang lebih pendek dari keempat kaki lainnya yang tdk digunakan untuk berjalan atau berdiri) yang indah dan merupakan anggota dari: subfamili Danainae, suku Ithomiini, subsuku Godyridina.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Greta oto dewasa menunjukkan sejumlah perilaku menarik, seperti migrasi yang jauh dan lekking (berkumpulnya para jantan untuk menampilkan kawin kompetitif). Sayapnya tembus pandang, dengan lebar antara 5,6 samapai 6,1 cm. Nama yang paling umum baginya adalah nama Inggrisnya yaitu Glasswinged butterfly, dan nama Spanyolnya adalah “espejitos”, yang berarti “cermin kecil”


Kupu-kupu Glasswinged mendapatkan namanya karena jaringan antara urat sayapnya terlihat seperti kaca, karena tidak memiliki sisik warna seperti yang dapat ditemukan pada kupu-kupu lain. Di bawah ini Anda akan menemukan foto-foto menakjubkan dari makhluk yang indah ini.


Sayap kupu-kupu sebenarnya dibentuk oleh lapisan chitin, protein yang membentuk eksoskeleton serangga. Lapisan tersebut sangat tipis sehingga kita bisa melihat melaluinya (transparan). Ribuan sisik kecil menutupi chitin yang transparan ini, dan sisik ini memantulkan cahaya dengan warna yang berbeda. Setelah kupu-kupu semakin beranjak dewaasa, sisik-sisik ini jatuh dari sayapnya, meninggalkan bintik-bintik transparansi karena lapisan chitinnya terpapar.

Baca Juga mengenai beberapa kupu-kupu yang indah lainnya disini

Related : Kupu-Kupu Bersayap Transparan.