26 Aug 2015

10 Stadion Terunik di Dunia.


 
Sebuah stadion sepak bola tentunya memiliki peran yang sangat vital bagi sebuah tim. Selain sebagai arena pertandingan, stadion biasanya sekaligus berperan menjadi markas kebesaran tim tersebut.

Namun, tanpa disadari ada sejumlah stadion unik yang berdiri di berbagai penjuru dunia. Mulai dari konstruksi bangunan yang membuatnya unik, hingga pemilihan lokasi yang tak biasa tempat dibangunnya stadion tersebut.

Tim Metrotvnews.com coba memilah sejumlah stadion unik yang ada di beberapa penjuru dunia. Mulai dari Eco Stadium di Brasil yang struktur konstruksi bangunannya dibuat dari kayu daur ulang, hingga Marina Bay Stadium di Singapura yang mampu mengapung di atas air. Berikut diantaranya, seperti yang dikutip dari metrotvnews.com:

1. Eco Stadium
 
Berlokasi di Curitiba, Brasil, stadion ini dibuat dengan konstruksi kayu hasil daur ulang. Mungkin ini adalah konsep stadion ramah lingkungan pertama di Brasil dan di dunia. Sebab, selain menggunakan kayu daur ulang, sang desainer merancang tempat duduk diatas permukaan rumput sebagai alasnya. Kapasitas stadion ini pun bisa menampung hingga 6000 penonton.

2. Stadion Gospin Dolac

 
Stadion yang dibangun pada 1989 ini memiliki pemandangan yang sangat indah di sisi tebing yang langsung berdekatan dengan kawah yang kini membentuk sebuah danau. Berlokasi di Imotski, kroasia, stadion yang merupakan markas dari klub NK Imotski ini memiliki kapasitas 4000 tempat duduk.

3. Stadion Cocodrilos Park

 
Stadion Cocodrilos Park adalah sebuah stadion multi guna di Caracas, Venezuela. Stadion yang berlokasi di atas bukit ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola dan menjadi markas sementara dari Caracas FC. Sayangnya, stadion Cocodrilos Park yang menyuguhkan pemandangan jalan perbukitan di kota tersebut hanya berkapasitas 3500 penonton.

4. Stadion Kramyra  

Stadion yang menjadi markas klub Aalesunds FK dari tahun 1977 hingga 2005 ini termasuk stadion tertua di Norwegia. Terletak di kota Alesund, stadion ini bisa menampung hingga 11.000 penonton dan pernah menjadi tempat dihelatnya laga timnas U-21 Norwegia sebanyak dua kali. Saat itu, tuan rumah keok 0-5 dari Swedia pada 1972, dan menang 3-1 atas Finlandia pada 1982. Bintang sepak bola John Arne Riise yang sempat berlabuh bersama FC Aalesund pun pernah bermain di stadion ini selama dua tahun kariernya.

5. Stadion Braga
 
Berlokasi di Braga, Portugal, stadion yang menjadi salah satu venue Piala Eropa 2004 ini dibangun diatas tambang Monte Casto. Stadion markas SC Braga yang dibangun pada 2001 ini berbatasan langsung dengan batu raksasa sebagai dindingnya. Stadion yang menghabiskan biaya pembangunan hingga 83,1 juta dolar ini berkapasitas 30.000 lebih penonton.

6. Igraliste Batarija
 
Berlokasi di kota Trogir, Kroasi, stadion ini di bangun diatas lahan bekas benteng Kamerlengo dan menara St. Marco. Stadion unik markas klub HNK Trogir ini hanya berkapasitas sekitar 1000 penonton.

7. Adidas Futsal Park
 
Stadion futsal yang terletak di Tokyo, Jepang, ini berada di atap sebuah swalayan disamping stasiun Shibuya. Lapangan yang dibuka pada 2001 lalu ini pun disewakan secara umum.

8. Stadion Eidi
 
Berada di Kepulauan Faroe, Negara ini tak memiliki daratan yang luas. Maka dari itu, lokasi stadion sangatlah unik namun juga berbahaya karena berada di pinggir laut.

9. Stadion Ottmar Hitzfeld
 
Stadion yang mengambil nama dari pelatih legendaris Bayern Muenchen ini terletak di puncak pegunungan Alpen, Swiss. Berada 2000 meter di atas permukaan laut, stadion ini dinobatkan sebagai stadion tertinggi di jagad Eropa.
Untuk mencapai stadion sangatlah sulit tapi menjadi unik karena hanya bisa menggunakan sarana kereta gantung atau helikopter. Pemandangan stadion sangatlah indah.

10. Marina Bay Stadium
 
Berlokasi di Marina Bay, Singapura, stadion ini mengapung diatas permukaan air dan menjadi stadion apung terbesar di dunia. Seluruh pondasi stadion terbuat dari rangka baja dengan ukuran 120×83 meter.
terbuat dari baja, platform apung Marina Bay ukuran 120 dengan 83 meter. Kapasitas stadion ini bisa menampung
sekitar 30.000 penonton.

Baca juga lapangan-lapangan olahraga paling aneh di dunia disini
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...